Tips komunikasi Efektif !!

Komunikasi efektif sangatlah diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari baik kalangan kantoran, pedagang, petani dan semua lapisan masyarakat pasti bila bisa berkomunikasi secara efektif akan sukses dalam karir dan pekerjaannya. Bebarapa hal yang perlu kita perhatikan dalam berkomunikasi antara lain adalah :

Kenali dan Hormati Lawan Bicara

Mengenali lawan bicara akan memudahkan kita untuk mengatur sikap dalam berkomunikasi. tentu beda sikap bicara pada orang yang lebih tua dengan yang lebih tua, beda juga bicara dengan atasan dan bawahan, dengan konsumen dan dengan karywan. Semua dari lawan bicara kita tetap harus kita hormati karena manusia selalu ingin dihargai dan dianggap penting. Jika kita harus mengkritik atau memarahi seseorang, kita bisa melakukan dengan penuh respek terhadap harga diri dan kebanggaan seseorang. Jika kita membangun komunikasi dengan rasa dan sikap saling menghargai dan menghormati, kita dapat membangun kerjasama yang menghasilkan sinergi yang akan meningkatkan efektifitas kinerja kita baik secara individu maupun secara keseluruhan sebagai sebuah tim.

Empati

Empati adalah kemampuan kita untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Salah satu prasarat utama dalam memiliki sifat empati adalah kemampuan kita untuk mendengarkan atau mengerti terlebih dulu sebelum didengarkan atau dimengerti oleh orang lain.

Secara khusus Covey menempatkan kemampuan mendengarkan sebagai salah satu dari tujuh kebiasaan manusia yang sangat efektif. Covey mnyebutnya sebagai komunkasi empatik, yaitu kebiasaan untuk mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti. Kita perlu memahami dan mendengar orang lain terlebih dahulu untuk dapat membangun keterbukaan dan kepercayaan dalam membangun sinergi dengfan orang lain.

Rasa empati akan memampukan kita untuk menyampaikan pesan (message). Cara dan sikap empati juga akan memudahkan penerima pesan (receiver) menerima pesan yang kita sampaikan.

Dalam komunikasi untuk membangun kerjasama tim, rasa empati sangat memegang peranan. Dengan empati kita bisa memahami perilaku anggota tim kita, seperti kebutuhan, keinginan, minat, harapan, dan kesenangan mereka. Rasa empati akan menimbulkan respek. Rasa respek akan membangun kepercayaan yang merupakan unsur utama dalam membangun teamwork.

Dalam membangun komunikasi dengan empati, kita harus mempunyai kemampuan untuk mendengar dan siap menerima masukan apa pun dengan sikap positif. Banyak di antara kita yang tidak mau mendengarkan saran, apalagi kritik dari orang lain. Padahal esensi dari komunikasi adalah aliran dua arah. Komunikasi satu arah tidak akan efektif manakala tidak ada umpan balik (feedback) yang merupakan arus balik dari penerima pesan.

Audible

Pesan yang kita sampaikan harus audible, artinya pesan dapat diterima dan dimengerti oleh penerima pesan dengan baik. Untuk itu, pesan bisa disampaikan melalui berbagai media, seperti alat bantu audio visual.

Vokal, gaya bahasa, intonasi perlu dilatih sehingga bahasa yang dikeluarkan mudah difahami oleh lawan bicara. bagi anda yang cadel sepertinya juga harus berlatih mencari kosakata untuk mengganti kosakata yang menggunakan huruf R agar lawan bicara anda nyaman. Tapi kalau anda merasa bahwa cadel adalah kelebihan tidak menjadi masalah untuk mengganti  dan menghindari pengucapan huruf R selama laawan bicara anda paham apa yang anda sampaikan.

kunci utama agar komunikasi anda dapat diterima antara lain adalah :

  • n Buat pesan Anda mudah untuk dimengerti
  • n Fokus pada informasi yang penting
  • n Gunakan ilustrasi untuk membantu memperjelas isi dari pesan tersebut
  • n Taruhlah perhatian pada fasilitas yang ada dan lingkungan di sekitar Anda
  • n Antisipasi kemungkinan masalah yang akan muncul
  • n Selalu menyiapkan rencana atau pesan cadangan (backup)

Clarity

Dalam membangun komunikasi yang efektif adalah pesan yang kita sampaikan harus jelas sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang berlainan. Pesan yang dapat menimbulkan berbagai penafsiran akan menimbulkan dampak yang tidak sederhana.

Clarity dapat pula berarti keterbukaan. Dalam berkomunikasi kita perlu mengembangkan sikap transparan sehingga dapat menimbulkan rasa percaya dari penerima pesan atau anggota tim kita. Keterbukaan akan mencegah timbulnya sikap saling curiga yang akan menurunkan semangat dan antusisme tim kita.

Supaya pesan yang tersampaikan jelas, beberapa hal ini dapat anda lakukan :

  • tentukan goal dari pembicaraan anda
  • visualiasikan apa yang akan anda sampaikan. tidak ada salahnya bila pembcaraan sangat penting anda merancang 1-2 jam sebelum bicara apa yang akan anda sampaikan
  • buat pesan dengan jelas, tepat dan meyakinkan

Rendah Hati


Dalam membangun komunikasi yang efektif adalah sikap rendah hati. Sikap ini merupakan unsur yang terkait dengan hukum pertama, yaitu respect. Untuk membangun rasa menghargai orang lain, biasanya didasari oleh sikap rendah hati yang kita miliki. Sikap rendah hati adalah sikap yang penuh melayani, sikap menghargai, mau mendengar dan menerima kritik, tidak sombong, tidak memandang rendah orang lain, berani mengakui kesalahan, rela memaafkan, lemah lembut dan penuh pengendalian diri, serta mengutamakan kepentingan yang lebih besar.

Jika kita membangun komunikasi berdasarkan pada lima hukum pokokkomunikasi yang efektif ini, kita dapat menjadi seorang komunikator yang handal yang dapat membangun jaringan hubungan dengan orang lain dengan penuh penghargaan (respect), karena hal inilah yang dapat membangunhubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dan saling menguatkan.

sumber : http://rumahedukasi.wordpress.com

,

  1. #1 by nadiaindah on Juni 21, 2010 - 10:10 am

    komunikasiiiiii memanggg bisaa membuat jejaring satu dengan yang lainya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: