Kepada Siapa Kita Minta Tolong ??

Dalam menjalani kehidupan, kita pasti mengalami hal yang menyenangkan dan menyakitkan. Semuanya pasti akan datang silih berganti dalam kehidupan normal manusia. Para orang bijak mengatakan bahwa hidup itu laksana roda, putarannya kadang membuat manusia diatas, tapi ada kalanya putaran roda itu membawa manusia di sisi bawah. Ketika diatas manusia akan merasa nikmat, aman dan bahagia, tapi ketika roda dibawah manusia cenderung merasa sedih, gusar dan dan putus asa karena sang roda kehidupan harus berbenturan dengan jalan yang berlubang, batu yang menghalangi bahkan kotoran yang baupun harus dirasai.

Sekuat dan sekaya apapun manusia, saat menghadapi kesulitan, pasti akan mencari perlindungan dan berusaha untuk meminta tolong, dia bisa minta tolong kepada orang yang lebih kuat, minta tolong kepada makluk yang lebih kuat, meminta tolong kepada Dzat yang lebih Kuat, tergantung dan sesuai dengan keyakinan dalam hati masing-masing.

Manusia yang dekat dengan Tuhan Nya dan memiliki keyakinan (aqidah) yang kuat, akan mengharapkan pertolongan dan bantuan dari Allah semata, karena hanyalah Allah SWT yang mampu menjaga, melindungi, mengembangkan dan menjada kelangsungan manusia dengan nikmat dan kasih sayang Nya.

Sejenak mari kita renungkan ayat-ayat Allah yang sudah pasti sebagian kita menghafalnya.

1. Katakanlah: “Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.2.Raja manusia.3. Sembahan manusia.4. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,6. dari (golongan) jin dan manusia. (Qs. An Nas:1-7) 

Para ulama menafsirkan dan mengambil hikmah dari ayat-ayat tersebut sebagai berikut :

  1. Dalam ayat pertama, Allah SWT memerintahkan Rasul Nya termasuk di dalamnya seluruh ummat manusia agar memohon perlindungan hanya kepada Nya semata.
  2. Allah SWT menjelaskan bahwa Tuhan yang mendidik manusia itua adalah yang memiliki dan yang mengatur semua syariat, dan yang membuat undang-undang, dan yang membuat peraturan-peraturan dan hukum-hukum bagi kehidupan manusia. Logika mudahnya, andaikan saja Allah SWT kita ibaratkan produsen dan manusia adalah produknya, maka tentu dalam setiap produk, produsen pasti menyertakan manual-manual, buku petunjuk agar produk dapat digunakan dengan baik dan awet. Begitu pula dalam kehidupan kita, Allah SWT telah memberikan buku panduan Nya kepada kita, semuanya kembali kepada kita apakah kita mau menggunakan panduan itu agar bisa kita jalani hidup dengan baik ataukah kita campakkan buku panduan itu dan kita ambil panduan yang lain yang tentunya akan membawa kita pada kehancuran.
  3. Allah Swt menambah keterangan tentang Tuhan pendidik manusia ialah yang menguasai jiwa mereka dengan kebesaran Nya. Mereka tidak mengetahui kekuasaan Allah itu secara keseluruhan, tetapi mereka tunduk kepada Nya dengan sepenuh hatinya dan mereka tidak mengetahui bagaimana datangnya dorongan hati kepada mereka itu, sehingga dapat mempengaruhi seluruh jiwa raga mereka. Mendahulakan kata RABB (pendidik) dari kata MALIK dan dari kata ILAH, karena didikan adalah nikmat yang paling utama dan terbesar bagi manusia. Kemudian diikuti dengan kata MALIK (Raja) karena manusai harus tunduk kepada kerajaan Allah. Kemudian diikuti dengan kata ILAH (Sembahan), karena manusia sesudah berakal menyadari bahwa hanya kepada Allah mereka harus tunduk dan hanya Allah saja yang berhak untuk disembah. Tetapi banyak manusia yang salah arah dalam menyifati Allah sehingga tersesat dari jalan lurus, banyak yang meminta pertolongan kepada selain Allah, mereka menuhankan makluk yang dapat menolongnya, memenuhi hajat hidupnya dan membuat bahagia hidupnya, walaupun dengan konsekuensi harus menentang ketentuan dan hukum-hukum yang telah digariskan oleh Nya. Kiranya inilah yang menyebabkan kerusakan dunia, banyak manusia yang tidak mengindahkan aturan Allah. Hak orang lain diambil demi kepentingan dan kebahagiaan dirinya, Orang lain harus disingkirkan untuk mendapatkan jabatannya, tipu daya dilakukan untuk meraih segala yang diinginkannya, kalau perlu semua dibingkai dengan kemunafikan dan mengatasnamakan bahwa yang dilakukan adalah demi kebaikan semuanya. Kiranya cukuplah kita renungkan ayat berikut “Dan bila dikatakan kepada mereka:”Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi[24]“. Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.” (qs. Al-baqoroh:11). ilustrasi berikut kiranya patut kita renungkan : bila kita memiliki istri dan anak, tetapi anak dan istri kita meminta bantuan, minta uang, minta makan kepada orang selain kita. Kemudian orang yang dimintai tolong oleh anak istri kita membuat aturan dan syarat-syarat yang bertentangan dengan aturan-aturan yang sudah kita tetapkan, bagaimanakan kiranya perasaan kita ????
  4. pada ayat berikutnya Allah SWT memerintahkan manusia agar berlindung kepada Allah Rabbul ‘Alamin dari kejahatan bisikan setan yang senantiasa bersembunyi di dalam hati manusia. Bisikan dan was-was yang berasal dari godaan setan itu bila dihadapkan kepada akal yang sehat mesti kalah dan orang yang tergoda menjadi sadar kembali, karena semua bisikan dan was-was setan yang akan menyakiti manusia itu akan menjadi hampa bila jiwa sadar kembali kepada perintah-perintah agama. Permalahan mendasar yang muncul adalah sejauhmana kesadaran jiwa kita dekat dengan perintah-perintah agama. Kesadaran jiwa itu berkorelasi dengan kualitas dan kuantitas ibadah kita, berkorelasi pula dengan pergaulan kita sehari-hari.  Surat ini diawalai dengan RABB (pendidik), karena Allah sebagai pendidik manusia, berkuasa pula untuk menolak semua godaan setan dan bisikannya dari manusia.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: