Tempe … Makanan Desa Yang Luar Biasa

Siapa yang tak kenal TEMPE? Produk olahan kedelai terpopuler ini, ternyata memiliki banyak manfaat. Tempe mengandung superoksida desmofate yang dapat menghambat kerusakan sel dan proses penuaan. Dalam sepotong tempe terkandung berbagai unsur yang bermanfaat, seperti hidrat arang, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genistein, serta komponen antibakteri. Selain itu, tempe juga bisa bersifat sebagai anti anemia, menurunkan kadar kolesterol, serta menurunkan resiko penyakit jantung koroner.
Manfaat lain dari tempe adalah dapat mengurangi keluhan pada wanita yang memasuki usia menopause karena adanya zat yang berikatan dengan reseptor hormone estrogen.
Kedelai sebagai bahan baku tempe ternyata mengandung zat yang mampu meningkatkan vitalitas dan meremajakan sel tubuh, terkenal dengan nama LESITIN, lesitin tersusun dari berbagai tostasida, dan fostfatidikolin. Fostfatidikolin merupakan komponen utama penentu mutu serta kasiat lesitin. Lesitin dipercaya dapat mencegah arteroklerosis (penumpukan dan penempaan kolesterol pada dinding pembuluh darah), karenanya dapat mengurangi kecenderungan agregasi platelet atau penggumpalan pada sel darah. Selain itu, lesitin dapat mengurangi kandungan kolesterol berlebih dalam darah dengan membantu terjadinya pembentukan HDL (kolesterol baik), yang berguna sebagai alat pembersih kolesterol berkurang. Lesitin juga dapat mengurangi tumpukan lemak dihati, sehingga kerja hati pada orang-orang yang organ hatinya penuh dengan lemak dapat normal kembali, dan mereka akan tampak lebih segar. Disamping itu lesitin juga berfungsi sebagai peremaja sel.
Tempe goreng?? Memang nikmat, tapi cara masak digoreng membuat banyak khasiat tempe hilang. Akan lebih baik jika tempe disemur, dibacem, dipepes atau dibakar. Selamat Mencoba !

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: