Mengurangi Resiko Obesitas

Obesitas sering dikaitkan dengan banyaknya lemak dalam tubuh. Penyebab umum dari obesitas yaitu konsumsi makanan yang berlebih, kelebihan alkohol dan gaya hidup modern yang tidak membutuhkan gerak badan yang cukup. Obesitas bisa dicegah dengan berbagai cara, diantaranya menghindari konsumsi alkohol, hindari stress, depresi, frustasi, mengubah perilaku makan yang tidak sehat, menghindari konsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak dan gula, serta berolahraga teratur.
Lemak adalah kawan sekaligus lawan dalam tubuh. Kawan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyimpan energi, cadangan makanan dll. Lawan karena jika berlebihan akan menimbulkan berbagai penyakit serius, diantaranya OBESITAS, penyakit penyerta lain yaitu DM tipe 2, hipertensi, jantung, stroke dsb.

KLASIFIKASI OBESITAS
Indeks Massa Tubuh (IMT) Kategori
<18,5 BB kurang 18,5-24,9 BB Normal 25-29,9 BB lebih 30-34,9 Obesitas I 35-39,9 Obesitas II >39,9 Sangat obesitas

IMT= BB: (TB dalam meter)2

Metode sederhana mengurangi faktor risiko obesitas:

  • Memilih menggunakan tangga dari pada elevator.
  • Memilih sepeda untuk pergi jarak dekat dari pada motor/mobil.
  • Biasakan berolahraga ringan selama 30 menit, 3x seminggu.
  • Biasakan bergerak meski hanya sedikit
  • Makanlah saat mulai lapar dan berhenti sebelum kenyang.
  • Jika menginginkan makanan ringan pilihlah buah-buahan
  • Hentikan kebiasaan mengudap makanan ringan saat nonton TV karena sulit untuk mengontrolnya.

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: