Jose “special one” Mourinho dan Ramadhan

Jose Mourinho memang cemerlang sebagai seorang pelatih sepakbola profesional. Tidak hanya profesional di lapangn hijua, tapi juga piawai dan profesional menciptakan konflik yang ‘sebagian besar’ semakin melambungkan namanya. Ini salah satunya :

VIVAnews – Komentar Manajer Inter Milan soal puasa di bulan Ramadhan memang mengundang kontroversi. Seorang dokter di Inggris menilai berpuasa tidak seharusnya menjadi penghalang bagi atlet profesional untuk menjalankan aktivitasnya.

“Ramadhan membantu kita menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah. Bahkan puasa justru direkomendasikan untuk mengatasi tekanan darah tinggi sebelum bertanding,” kata Moulana Yusuf Daya, seorang dokter di Inggris, dalam wawancaranya dengan Goal.

Mourinho  menarik keluar Sulley Muntari di babak pertama pada laga pembuka Inter akhir minggu lalu.

“Muntari punya masalah yang berhubungan dengan Ramadhan. Mungkin saat cuaca panas tidak baik baginya berpuasa. Ramadhan datang di saat yang tidak tepat bagi pemain,” ujar Mourinho kala itu.

Muntari asal Ghana berpuasa saat timnya bertanding melawan Bari. Ia ditarik keluar Mourinho pada menit ke-29.

Dokter Yusuf Daya menilai Mourinho harus meniru apa yang dilakukan Real Madrid. Klub asal Spanyol itu menurut sang dokter telah berhasil membantu pemainnya yang berpuasa untuk tetap berada dalam kondisi prima. Setidaknya ada tiga pemain Madrid yang beragama Islam seperti Mahamadou Diarra, Lassana Diarra dan Karim Benzema.

“Real Madrid telah memberikan contoh yang baik dengan mengizinkan pemainnya berpuasa di bulan Ramadhan. Saya tidak tahu apakah manajer dan staf medis Inter sudah tahu akan manfaat berpuasa,” kata Daya.

“Secara psikologis, berpuasa juga menjaga kestabilan emosi. Peningkatan sisi psikologis ini bisa membantu stabilisasi glukosa darah. Jadi saya tak melihat alasan mengapa Muntari tidak bisa main hari Sabtu (melawan AC Milan). Mungkin dokter di Inter Milan harus meminta saran dari kubu Madrid.”

  1. #1 by JAUHDIMATA on Agustus 29, 2009 - 10:36 am

    di-Indonesia yang tidak dilarang berpuasa para pemain sepak bolanya pada puasa nggak ya?
    semoga menjadi contoh tidak hanya bagi pemain sepak bola.
    hehehe…

    • #2 by simpustronik on September 1, 2009 - 10:04 am

      yah…. namanya juga Indonesia, harap maklum aja, tapi saya tetap bangga kpk dgn Indonesia, apalgi kalo bisa lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: